MODIFIKASI EKSTRIM

image

CARA MENGURANGI BOBOT DAN UKURAN SENAPAN BENJAMIN FRANKLIN
Senapan angin salah satu peralatan berburu yang sudah tidak asing lagi. Mekanisme senapan yang sederhana membuat senjata ini menjadi favorit. Berbagai macam merek seperti sharp,  benjamin franklin,  river dsbnya  menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta senapan angin. Produk lokal seperti buatan para pengrajin senapan angin kediri hingga produk luar negeri dapat kita jumpai dengan mudah di sekitar kita . Begitu pula koleksi senapan angin Benjamin Franklin yang saya gantung di ruang depan. Senapan ini beratnya hampir 3 Kg, dengan panjang keseluruhan 60 Cm. Hobi berburu saya menuntut untuk menenteng senapan, rasa pegal di pundak ketika selesai berburu membuat saya berfikir dan coba cari tahu alternatif untuk mengurangi bobot senapan ini. Namun hasilnya kurang memuaskan karena kebanyakan teman sesama pemburu lebih suka dengan yang standar . Sejak kejadian itu saya coba melakukan modifikasi senapan laras panjang ini jadi ringan. Setelah beberapa kali bereksperimen akhirnya saya berhasil melakukan modifikasi ini.
Proses modifikasi senapan ini hampir terjadi pada seluruh bagian. Langkah awal modifikasi ini pembongkaran seluruh bagian senapan. Penyelaras bidikan senapan yang terpasang pada bagian depan terpaksa saya lepas dengan cara memanasi dengan blow torch( las mini). Pada bagian barrel pemotongan saya lakukan pada bagian depan, ukuran standar barrel yang mencapai 50 Centimeter saya kurangi hingga tersisa 38 Centimeter. Tabung angin saya bubut bagian luarnya untuk mengurangi bobot dan modifikasi sil ganda agar tidak mudah bocor. Tabung angin ini saya beri ring atau cincin karet tambahan. Bagian lain yang saya modifikasi adalah gagang pompa senapan, gagang standar tak luput dari modifikasi di perkecil ukuran dan bentuknya. Begitu pula popor senapan di ganti dengan kayu waru yang lebih ringan. Jika anda tertarik melakukan modifikasi ekstrim ini berikut langkah-langkah yang saya lakukan.

Langkah persiapan
Untuk langkah awal kita siapkan peralatan ;
1. Mesin gerinda
2. Gergaji besi
3. Kikir besi
4. Mesin bor
5. Ampelas besi
6. Tang jepit
7. Pipa PVC
8. Obeng
9. Kawat kecil

Langkah selanjutnya adalah membongkar seluruh bagian senapan. Pada pembongkaran ini semua sparepart yang ada pada senapan angin kita bongkar.

Modifikasi Pada Laras Dan Barrel.

Pada langkah ini saya lakukan pemotongan pada bagian laras 10 Centimeter dari bagian ujung depan dengan gergaji besi. Baru kemudian melakukan pemotongan pada bagian barrel atau pipa senapan 18 Centimeter dari ujung depan barrel. Untuk melepaskan bagian ini panaskan dengan api menggunakan las mini atau kompor gas. Sebelum melakukan proses pelepasan sebaiknya bagian barrel dan laras di ikat dengan kawat kecil agar posisinya tidak bergeser. Selain melepaskan sisa potongan sekaligus melepaskan pembidik dan memasang kembali pembidik dengan jarak 2 Centimeter dari ujung laras. Fungsi ujung laras ini adalah untuk menempatkan peredam/silencer senapan. Pada jalur pompa yang ada di barrel senapan ukurannya di panjangkan kebelakang dengan menggerinda lurus, sejajar dengan jalur aslinya, lalu di buatkan lubang angin baru 2,5 Centimeter di belakangnya dengan cara mengebor menggunakan mata bor 2 Milimeter.

Modifikasi Pada Tabung Senapan

Pada tabung senapan proses modifikasi dengan menambahkan ring/sil karet ganda pada tabung dan membubut bagian tengah luar 1milimeter. Untuk bagian dalam modifikasi dengan menganti ring penahan per dengan ring buatan dari pipa PVC, selain lebih tebal ring ini membuat ruang udara dalam tabung menjadi sempit sehingga tekanan udara dalam tabung lebih besar.

Modifikasi pompa senapan

Pada bagian pompa senapan standar ukuran lengan ayun dipendekan ukurannya. Dengan memotong bagian pegangan kayu 12 Centimeter. Pada lengan luar ukuran jarak pin 30 Centimeter dan lengan dalam ukurannya poros pin di pendekan hingga 12 Cm. Untuk membentuk lengan ayun besi pompa ini gunakan mesin gerinda.

Setelah semua proses selesai kita haluskan bagian yang kasar dengan kikir besi lalu bersihkan bagian laras dan barrel dengan ampelas. Setelah semua proses ini selesai kita pasang kembali semua sparepart pada posisinya, jangan lupa melumasinya. Setelah semua siap agar lebih sempurna lakukan pengecatan pada senapan anda dan anda siap untuk berburu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s