MODIFIKASI EKSTRIM : CARA MENGATASI TABUNG BOCOR PADA SENAPAN BENJAMIN FRANKLIN

Sebelum ane bagi-bagi sedikit ilmu  cara atasi bocor pada tabung senapan, ada baiknya buat sobat pecinta senapan angin yang mau upgrade senapan anginnya yang bocor ada baiknya siapkan peralatan yang di butuhkan. Hal ini agar nantinya kita tidak bingung mencari alat untuk memperbaiki.

Ada 3 masalah kebocoran yang biasa terjadi pada senapan Benjamin Franklin ini saya ketahui dari pengalaman saya dengan benjamin mini saya. Maaf kalo foto belum bisa ane kasih lihat, belum sempat upload nich. Dari pengalaman yang ane dapat,kebocoran yang terjadi pada tabung memiliki ciri khusus yang tidak sama. Jika anda mau memperhatikan secara teliti, naluri kepekaan terhadap kebocoran ini bisa dengan mudah anda deteksi sehingga bisa memutuskan secara tepat bagian mana yang mengalami kebocoran. berikut akan saya jelaskan satu persatu sekaligus cara alternatif untuk mengatasi,

1. KLEP POMPA
  Kasus bocor pertama berasal dari klep pompa, pada kasus ini ciri-cirinya bisa kita ketahui saat memompa senapan. Kita akan merasakan lengan ayun pompa saat proses memompa terasa lebih ringan. Dampak kebocoran ini jangkauan peluru senapan mengalami penurunan

CARA MENGATASI BOCOR KLEP POMPA

Cara termudah mengganti klep, alternatif lain masalah ini jika klep sudah mengalami penyusutan, anda bisa membuatnya mengembang dengan menambahkan selotip kertas atau benang jahit pada kuningan lingkaran klep

2. SIL / RING KARET TABUNG ANGIN ( LUAR TABUNG )

Kebocoran ini biasanya terjadi pada sil/ring karet pada tabung senapan, ciri kebocoran ini suara angin yang keluar dari bagian yang bocor terdengar jelas dari bagian belakang barrel /pipa senapan. Pada kasus ini ada beberapa cara alternatif yang bisa sobat pilih untuk mengatasi masalah bocor pada tabung senapan benjamin franklin. Kebocoran luar pada tabung senapan yang sering terjadi adalah sobeknya sil/ring karet. Setelah beberapa kali mengalami akhirnya saya mengetahui penyebab sobekan pada karet sil ini adalah alur tempat sil tabung berada masih terlalu tajam untuk sil yang berbahan karet . Cara mengatasi masalah ini dalah dengan menghaluskan sisi luar alur sil karet pada tabung senapan dengan ampelas halus.
Alternatif lain untuk tabung yang bocor dengan menambahkan sil karet tambahan, proses ini membutuhkan pembuatan alur tambahan pada tabung senapan. Untuk membuat alur sil karet sobat harus membubut tabung kuningan 1milimeter di belakang alur sil karet tabung senapan. Cara yang terakhir ini paling efektif untuk mengatasi kebocoran pada tabung.

3. SPAREPART DAN SIL KARET (KEBOCORAN DALAM)

Ciri kebocoran dalam ini suara angin yang bocor ini terdengar jelas pada laras senapan angin. Kebocoran ini terjadi pada bagian sparepart  yaitu klep depan, sil karet dan klep belakang. Kebocoran pertama pada klep penahan bagian depan yang berfungsi untuk mekanisme masuknya udara bertekanan dari klep pompa kedalam tabung penyimpan udara. Klep ini biasanya bocor karena tidak kuat menahan tekanan udara dalam tabung akibatnya bisa dilihat pada bagian depan klep terdapat cekungan yang berbentuk lingkaran. Asalkan klep ini tidak pecah anda bisa mengatasi dengan meratakan kembali caranya dengan melakukan pengampelasan hingga cekungan hilang, agar hasilnya maksimal gunakan ampelas besi yang halus. Apabila klep pecah/terbelah hendaknya klep diganti,alternatif lain anda bisa menggunakan karet sandal jepit sebagai pengganti.
Kebocoran kedua terjadi pada sil karet bagian tengah, cara mengatasi dengan mengganti sil karet yang baru. Alternatif lain bisa menggunakan selang plastik, caranya dengan membentuk selang plastik seperti ring karet namun ukuran lebar sama dengan diameter tabung
Kebocoran ketiga terjadi pada klep belakang, klep ini terintegrasi dengan mekanisme senapan. Kebocoran ini terjadi sebab karet sparepart tidak mampu menahan tekanan udara dari dalam tabung sehingga pecah, cara mengatasi dengan mengganti karet sparepart dengan yang baru. CARA ALTERNATIF LAIN  dengan mengganti karet yang pecah menggunakan selang air , atau karet keras yang ada di sandal jepit.

Dari semua cara alternatif yang saya tulis ini sekiranya ada yang kurang jelas mohon petunjuknya, sekiranya apa yang saya tulis ini bermanfaat dan menarik untuk anda sudilah kiranya menyertakan blog ini sebagai sumbernya, agar menambah semangat saya untuk bereksperimen dan berbagi solusi alternatif untuk kita semua. Kepuasan anda adalah kunci kesuksesan saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s