GERINDA DARI POMPA AIR

Modifikasi Ekstrim mesin pompa air telah menghasilkan peralatan baru yang memiliki fungsi ekonomi serta fungsi lain yang membantu meringankan pekerjaan kita. Anda mungkin sering melihat dalam kehidupan sehari-hari, mesin parut kelapa bisa menjadi contohnya. Modifikasi Ekstrim mesin pompa air dapat membuat gerinda, meskipun rpm (kecepatan putaran) dalam rotor/dinamo pompa air di bawah mesin gerinda bermerek namun hal ini bisa menjadi kelebihan gerinda ini. Apalagi bagi anda yang hobi batu akik, saya rasa cocok untuk anda yang masih pemula. Untuk membuat batu akik di butuhkan gerinda penghalus, untuk membuat bisa menggunakan keping vcd bekas lalu di tempelkan ampelas halus yang di rekatkan dengan lem epoxy pada sisi luarnya.

Proses Modifikasi Mesin Pompa Air

  1. Bongkar dan pisahkan bagian dinamo dari peralatan yang terintegrasi dengan pompa air
  2. Berikan alas pada dinamo dari papan kayu, dengan menambahkan kaki-kaki dengan jarak minimal 5-10 Cm dari lantai. Selain untuk meredam getaran mesin pemberian jarak juga berfungsi sebagai safety atau keamanan .
  3. Pasang kembali kipas air pada tempatnya tetapi posisinya kita balik, fungsi kipas ini sebagai penahan piringan gerinda. Pada proses ini terdapat kelemahan yaitu posisi piringan dapat berubah jika tidak di tambahkan ring yang sesuai dengan diameter piringan gerinda. Cara alternatif untuk mendapat posisi yang as yang baik tanpa membalik kipas adalah dengan melakukan bubut pada kipas dengan kikir besi. Pada bagian gerigi kita bubut hingga hilang, lalu pada bagian depan poros kipas di lakukan proses bubut hingga ukurannya sesuai dengan diameter piringan gerinda. Namun untuk proses bubut ini harus memasang kabel terlebih dahulu. Tambahkan ring besi untuk menjepit piringan .
  4. Pasang baut as dan kencangkan agar piringan gerinda terjepit dengan sempurna .
  5. Untuk memudahkan aktivitas anda tambahkan sakelar, lalu sambungkan kabel dengan sumber listrik dan gerinda siap anda gunakan.

PERHATIAN!
Meskipun tingkat rpm pada dinamo mesin gerinda ini namun kita harus selalu memperhatikan safety atau keamanan pada saat penggunaan. Karena mesin ini menggunakan daya listrik hendaknya berhati-hati dalam penggunaan.

1. Jika anda masih belajar serta belum menguasai teknik menggerinda hendaknya menggunakan sarung tangan ketika mengasah batu akik, cara alternatif lain merekatkan batu akik yang akan di asah pada ujung tongkat kayu kecil dengan panjang minimal 5 Cm lalu rekatkan dengan lem cepat kering / epoxy sehingga anggota tubuh kita tidak berhubungan langsung dengan piringan gerinda.
2. Penggunaan air untuk mengasah batu akik hendaknya di perhatikan karena air merupakan salah satu penghantar listrik, terutama pada kabel beraliran listrik usahakan menjauhkan dari air. Membuat rangkaian secara benar dan rapi akan meminimalkan resiko ini
3. Pada mesin dinamo berilah sekat/ pembatas dari bahan yang tahan air antara piringan gerinda dan mesin dinamo pompa air, agar percikan air saat mengasah batu akik tidak mengenai dinamo.

Demikian artikel saya terkait modifikasi mesin pompa air semoga bermanfaat.

Salam ekstrim modifikasi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s