CARA BONGKAR SENAPAN BENJAMIN FRANKLIN

Paduan Membongkar Senapan Angin Benjamin Franklin

Membongkar senapan angin Benjamin Franklin sebenarnya sangatlah mudah, apalagi bagi kita yang sudah mengenal lama Benjamin Franklin. Sekedar menambah wawasan anda, dan bagi anda yang masih awam dan masih baru dalam mengenal senapan Benjamin Franklin semoga artikel ini bisa membantu serta memudahkan anda dalam membongkar senapan Benjamin Franklin, silahkan sobat ikuti step by step berikut ini.

PERALATAN
Sebelum memulai hendaknya anda siapkan peralatan di bawah ini
1. Obeng min dan plus
2. Tang jepit tabung
3. Tang kerucut
4. Kain lap

LANGKAH PEMBONGKARAN

Agar lebih mudah proses bongkar Senapan Benjamin Franklin ini saya bagi menjadi tiga bagian :

1. Proses Pembongkaran Mekanisme Pelatuk

Pertama-tama bukalah baut yang terintegrasi pada tabung senapan yang terletak di popor senapan. Selanjutnya kita mulai dengan melepaskan baut pelatuk dari barrel/pipa senapan dengan obeng. Untuk selanjutnya barulah melepaskan baut kecil yang ada di kiri dan kanan atas pelatuk. Ketika baut kecil ini kita buka setengah hendaknya tahan bagian belakang dengan telapak tangan agar tutup penahan per pegas tidak terlontar. Selanjutnya kita keluarkan per dan hammer dari belakang.

2. PEMBONGKARAN BAGIAN TABUNG
Pada proses pembongkaran tabung terdiri dari dua bagian ;

Langkah pembongkaran bagian luar tabung

  Pada bagian ini proses mengeluarkan tabung hendaknya kita lakukan secara hati-hati, karena pada bagian luar tabung ini terdapat ring/cincin karet atau sil yang rawan sobek atau tergores. Sebaiknya kita lumasi dulu dengan oli atau minyak goreng dengan cara meneteskannya dari bagian belakang tabung. Setelah pelumas merata pada tabung rentangkan pompa senapan kedepan dan biarkan dalam posisinya yang membentuk sudut 45 derajat, kemudian buka baut penahan yang ada pada tabung senapan. Setelah baut terlepas, pompa senapan maka dengan sendirinya tabung akan terdorong kebelakang. Pada posisi ini barulah kita tarik dengan tang kerucut pada bagian besi yang terintegrasi dengan sistem penahan angin tabung yang berada pada bagian belakang tabung.

Langkah pembongkaran bagian dalam tabung

  Proses pembongkaran bagian ini bisa dengan mudah kita lakukan dengan menggunakan tang jepit tabung, karena tang ini memiliki baut pengatur yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan ( alat ini biasa di gunakan montir bengkel kendaraan bermotor / di jual bebas pada toko peralatan ) . Setelah mendapat setelan yang sesuai dengan tabung kita jepit secara perlahan, posisikan tabung dalam keadaan berdiri. Pasang baut penahan tabung bersama shock baut,  angin, pijaklah tang jepit dengan kaki, sedang telapak tangan kanan menahan bagian belakang tabung senapan, jari telunjuk dan jempol memutar baut ke arah kiri. Agar telapak tangan tidak sakit saat menahan dan memutar tabung letakkan kain di atas tabung, selain memudahkan kita membuka tabung kain ini juga mencegah bagian belakang dan sparepart senapan terlontar karena adanya per pegas dalam tabung.

3. PEMBONGKARAN BAGIAN POMPA SENAPAN ANGIN

  Pada bagian pompa ini terdapat dua pin pengunci yang bisa kita buka, pin pengunci pertama merupakan kunci dari penahan pompa sekaligus penutup bagian depan. Cara membongkar bagian ini  mengeluarkan dari lubang pasak dengan mendorong menggunakan pasak yang lebih kecil. Paku atau obeng yang ukurannya lebih kecil kita masukan pada lubang lalu sejajarkan posisi dengan pasak senapan dan pukul paku atau obeng menggunakan palu kecil. Setelah pasak keluar tariklah gagang pompa dari tempatnya. Pin kunci kedua terhubung dengan mekanisme klep pompa, untuk melepaskan pin kunci dengan menyejajarkan pin dengan lubang pin yang terletak di bagian belakang pin kunci pertama. Setelah pin terlepas dorong dan keluarkan kearah depan sparepart bagian klep. Perlu di perhatikan saat mengeluarkan bagian klep jangan memasukan jari tangan kedalam lubang garis pompa karena bagian dalam pompa ini tajam dan bisa melukai jari anda. Agar lebih aman anda bisa menggunakan pipa atau kayu bulat yang ukurannya lebih kecil, alternatif lain memasukan palu pemukul/hammer senapan dari belakang dan dorong dengan batang besi cor kecil.

Demikian sedikit pedoman membongkar senapan benjamin franklin dari saya semoga bermanfaat.
KETELITIAN ADALAH SUMBER ILMU YANG TAK AKAN PERNAH TERLUPAKAN, PENGALAMAN ADALAH GURU YANG BERHARGA
( S@l@m EkStR!m)

anekaragamilmu.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s