Tautan

   Memperbaiki pompa senapan yang mengalami aus membutuhkan kesabaran dan penyetelan yang teliti, hal ini berpengaruh pada bagian senapan. Pada pompa yang mengalami aus, jarak titik poros besi pompa mengalami perubahan pada ukuran . Tingkat keausan yang parah terlihat jelas pada gagang besi pompa ukuran dan bentuk lubang pin berubah menjadi oval atau lonjong. Hal ini di sebabkan kualitas besi di bawah kualitas pin pompa sehingga terkikis oleh pin / kunci pompa yang kualitasnya lebih baik. Ketika senapan angin mengalami tingkat keausan parah yang pada pompa senapan, sebaiknya segera dilakukan perbaikan karena jika senapan di paksakan untuk di gunakan tingkat akurasi dan jangkauan peluru tidak bisa maksimal. Dampak negatif aus pada pompa jika di biarkan dapat menjadi penyebab kerusakan pada bagian senapan yang lain. Anda tentunya tidak mau hal ini terjadi pada senapan anda, bukankah lebih baik memperbaiki satu bagian daripada memperbaiki keseluruhan. Selain lebih mudah tentunya biaya yang anda keluarkan tidak akan menguras dompet anda. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah bagian senapan yang terkena imbas dari aus pada pompa senapan :

Dampak dan akibat aus pada pompa

1. Pada gagang pompa
Pada saat pompa senapan mengalami aus klep pompa menjadi renggang karena perubahan posisi as / poros menjadi lebih pendek dari ukuran standar. Hal ini mengakibatkan pada gagang pompa sering terjadi pantulan akibat klep pompa tidak bisa menutup secara sempurna, sehingga tekanan udara yang dihasilkan tidak tersimpan secara keseluruhan dalam tabung angin. Pantulan yang dihasilkan pompa berbanding terbalik dengan besarnya tekanan dalam tabung angin senapan. Beban berat yang kita rasakan saat memompa sama dengan tekanan udara yang ada dalam tabung. Hal ini menyebabkan gagang pompa terpantul dan membuka sendiri, masalah ini tentunya menimbulkan bahaya apalagi jika pantulan ini mengenai anggota tubuh kita. Sebab semakin banyak kita memompa senapan semakin kuat pula pantulan yang di akibatkan pada pompa.

2. Pada klep pompa
Pada bagian klep pompa dampak negatif akibat aus pada pompa senapan ini membuat klep pompa bekerja lebih berat, karena klep pompa menahan tekanan udara dari tabung senapan. Akibatnya pada klep terjadi pelebaran (mekar/melar) pada ukuran dan diameter. Pada saat senapan di pompa gesekan antara klep dan barrel mempercepat keausan pada klep sehingga dapat memperpendek usia klep pompa senapan angin.

3. Dampak pada sil/ring karet tabung
  Dampak negatif aus ini menyebabkan tekanan udara yang terletak antara klep dan tabung senapan menjadi lebih besar akibatnya sil/ring karet mendapat tekanan yang besar pula, ketika tingkat tekanan udara ini melebihi tingkat ketahanan sil atau ring karet maka secara perlahan sil karet akan sobek atau bocor. Pada kasus yang pernah saya alami posisi sil karet bergeser ke arah belakang tabung dan keluar dari alur atau tempat sil berada sehingga menyebabkan tabung sulit di keluarkan.

4. Dampak pada barrel/ pipa senapan
  Dampak yang terlihat jelas pada barrel senapan Benjamin Franklin ini perubahan posisi tabung senapan, hal ini pernah saya alami setelah tabung senapan di modifikasi dengan sil/ring karet ganda. Pada barrel senapan terjadi pergeseran posisi akibat tekanan yang besar pada tabung barrel yang berbahan kuningan terkikis oleh baut penahan tabung yang terbuat dari besi. Sehingga posisi barrel senapan tidak bisa sesuai saat dipasang pada popor senapan.

Cara memperbaiki pompa senapan
  Untuk memperbaiki senapan ini ada beberapa cara yang bisa anda pilih
1. Modifikasi pada lubang pompa
Cara ini membutuhkan beberapa alat diantaranya;
-Bor mesin
-mesin gerinda
-kikir besi
-ampelas besi
-rantai sepeda motor bekas
-martil / palu
-kunci pas
-kain bekas
-kawat kecil

Langkah modifikasi dan perbaikan pompa senapan
Seperti yang kita ketahui bersama pada pompa senapan terdapat tiga bagian yang bergerak, pada saat lengan ayun pompa terbuka posisinya membentuk segitiga yang kemudian berubah sudut dan posisinya saat proses memompa. Langkah awal modifikasi ini adalah dengan melepaskan bagian pompa dari senapan. Selanjutnya dengan melepas 2-3 mata rantai sepeda motor, pada rantai sepeda motor terdapat dua ring yang berbeda ukurannya.  Ring nantinya kita gunakan untuk memperkuat bagian pompa yang aus, karena bahan besi baja yang ada pada ring rantai lebih tahan terhadap gesekan.
Langkah selanjutnya mengebor bagian pompa senapan yang aus dengan mata bor yang ukurannya sama dengan ring sepeda motor, untuk lubang bagian depan gunakan ring yang ukurannya besar. Sedangkan jika anda memperbaiki poros bagian tengah, hendaknya menggunakan ring yang ukurannya kecil. Begitu proses pengeboran selesai, masukan ring kedalam lubang hasil pengeboran. Jika cincin/ ring dari rantai longgar sebaiknya kita sesuaikan hingga pas pada bagian gagang besi pompa dengan memukul bagian ring dengan menggunakan martil/palu besi. Agar bagian tengah celah  gagang besi pompa tidak tergencet saat di pukul dengan martil atau palu, selipkan kunci pas diantara celah dan ring. Jika ingin lebih kuat pada bagian luar ring anda rekatkan dengan timah solder. Cara merekatkan timah solder ini dengan memanasi ring besi, anda bisa memanasi dengan api dari kompor gas atau dengan las mini seperti yang saya gunakan. Namun sebelum proses memanasi dengan api di lakukan hendaknya balutkan kain yang di basahi dengan air lalu ikat dengan kawat kecil agar pegangan kayu pada pompa tidak ikut terbakar. Setelah suhu panas pada gagang besi cukup untuk melelehkan timah anda tinggal menempelkan dan meratakan timah solder pada bagian luar ring rantai, setelah itu biarkan timah mengeras dengan sendirinya kira-kira 10-15 menit. Jika sudah mengeras namun batang besi belum dingin oleskan / tetesi dengan oli bekas, setelah dingin barulah gerinda bagian yang di pasangi ring hingga rata dan sesuai dengan ukuran tempat pompa. Cara ini memiliki beberapa kekurangan mengingat timah solder memiliki tingkat massa jenis yang lebih rendah di banding besi sehingga jika digunakan untuk jangka waktu lama terkadang mengalami goyah dan terlepas dari ring sepeda.
2. MENGELAS
Cara kedua ini memiliki daya tahan yang lebih baik, karena bersifat permanen. Cara ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, jadi ada baiknya menggunakan jasa tukang las, untuk langkah awal kita harus melepaskan pegangan kayu yang ada pada pompa senapan, ? Untuk langkah selanjutnya adalah mengebor dan memasukan ring rantai,  cara ini hampir sama dengan cara pertama yang membedakan adalah kita harus melepaskan pegangan kayu dan tidak menggunakan kain basah pada proses merekatkan ring. Cara kedua ini menggunakan bahan kuningan sebagai perekatnya, seperti kita ketahui bersama bahwa kuningan memiliki titik lebur yang tinggi sehingga untuk merekatkan kuningan membutuhkan peralatan las, cara ini lebih efektif dan permanen karena kuningan memiliki massa jenis yang lebih baik daripada timah. Untuk mendapat hasil yang baik, pada proses mengelas ini anda harus menyiapkan oli lebih banyak karena oli ini nantinya kita gunakan untuk mengeraskan besi yang di las agar kualitas baja yang ada pada ring rantai tidak rusak. Untuk proses ini ada baiknya anda menjelaskan pada tukang las agar merendam besi pompa senapan dalam oli setelah proses mengelas selesai.

Dari artikel di atas anda dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap bagian senapan memiliki sistem yang saling terintegrasi satu sama lain jadi jika memang ada masalah pada senapan sebaiknya kita luangkan waktu untuk merawatnya demikian sedikit tips alternatif untuk modifikasi senapan anda semoga bermanfaat
Salam Ekstrim

anekaragamilmu.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s