CARA MUDAH DAN MURAH MENGASAH BATU AKIK

Dewasa ini batu akik menjadi tren di masyarakat, berbagai media massa menyoroti tentang tren batu akik. Perburuan batu akik, pengolahan, hingga tempat penjualan batu akik. Bagi pecinta batu akik corak yang unik menjadi daya tarik tersendiri, proses pengasahan yang baik tentunya akan menghasilkan batu akik yang yang bagus. Peralatan yang mendukung pembuatan batu akik pada umumnya di bagi menjadi tiga yaitu pemotongan,pembentukan dan penghalusan. Pada proses pemotongan mesin gerinda potong di gunakan untuk memotong batuan yang akan di buat. Sedangkan untuk membentuk batu menjadi lonjong biasanya di gunakan mesin gerinda duduk, pada proses ini selain membentuk batu akik proses ini juga di gunakan untuk mendapatkan motif unik pada batu akik. Sedangkan pada proses penghalusan di gunakan piringan gerinda khusus yang terbuat dari kain. Untuk anda yang ingin mengasah batu akik sendiri ada beberapa cara alternatif membuat batu akik, peralatan modifikasi bisa menjadi alternatif yang dapat membantu membuat batu akik. Modifikasi dinamo mesin pompa air bekas bisa menjadi alternatif anda, dompet juga tidak akan terkuras untuk membuat sendiri peralatan ini. Kalkulasi biaya keseluruhan kurang lebih sekitar Rp 100 ribu untuk membuat peralatan ini. Dinamo bekas sekitar Rp 75 ribu, piringan gerinda potong sekitar Rp 5000 , lem cepat kering atau epoxy Rp 5.500 , ampelas besi Rp 3000 per lembar, sedangkan bahan-bahan lain seperti keping VCD bekas, papan kayu bisa di cari di sekitar tempat anda. Untuk membuat peralatan ini anda bisa menyimak artikel terkait MESIN GERINDA DARI POMPA AIR . Jikalau anda masih merasa biaya  gerinda modifikasi dari mesin pompa air ini masih menguras dompet anda , ada satu cara alternatif lain yang di jamin 100% lebih murah meriah. Cukup merogoh kocek Rp 10.000, – peralatan alternatif ini bisa anda gunakan untuk mengasah dan menghasilkan batu akik buatan anda sendiri. Peralatan ini bersifat manual jadi butuh kesabaran, waktu dan tenaga. Cara pembuatan peralatan ini juga tidak memakan banyak waktu, jika bahan-bahan sudah tersedia 5-10 menit peralatan ini sudah bisa anda gunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara alternatif berikut ini.

Bahan-bahan yang di perlukan :
1. Ruas bambu dengan diameter kecil ( biasanya terdapat pada bagian ujung batang bambu ) usahakan batang bumbu ini kering agar lem dapat melekat , jika anda kesulitan mendapat bahan ini, anda bisa menggunakan pipa air PVC yang diameter atau ukurannya kecil. Besar kecilnya diameter atau ukuran lubang sangat berpengaruh pada ukuran batu akik. Untuk ukuran standar kita gunakan kelereng, jika kelereng bisa masuk kedalam lubang maka ukuran batu akik yang di hasilkan akan sebesar kelereng. Jika anda ingin membuat batu akik dengan ukuran besar maka diameter ruas bambu atau pipa PVC juga harus besar.
2. Ampelas besi dan lem epoxy
Untuk ampelas besi dan lem bisa anda beli di toko bangunan, atau toko peralatan pertukangan di sekitar. Di butuhkan dua lembar ampelas yaitu kasar dan halus. Harga per lembar sekitar 2500-3000 Rupiah.
CARA MEMBUAT
1. Potong 15-20 Centimeter pada ruas/ bilah bambu yang akan di gunakan, lalu belah menjadi dua bagian yang sama. Lalu bersihkan selaput tipis yang ada dalam bambu. Pada sisi luar cekungan hendaknya di haluskan agar tangan kita tidak terluka saat proses pengasahan batu akik. Penerapan langkah ini juga sama pada pipa PVC, hanya saja pada pipa PVC kita harus mencuci dan mengeringkan dahulu.

2. Memasang Ampelas Besi
Pada proses ini pastikan bambu atau pipa PVC dalam keadaan bersih lalu pasang ampelas kasar pada bagian dalam bambu/ pipa PVC hingga terbentuk cekungan panjang seperti huruf U. Lalu lekatkan dengan lem epoxy, diantara keduanya setelah itu kita tunggu hingga lem kering . Untuk belahan bilah atau ruas bambu / pipa PVC yang setengah lagi kita tempeli dengan ampelas halus, cara yang di gunakan sama dengan cara yang tadi di sebutkan.
3. Proses pengasahan batu akik
Setelah peralatan siap tinggal mengasah batu pada bagian ampelas yang cekung, asah batu secara lurus kedepan dan kebelakang setiap 5-10 kali mengasah putar posisi batu akik. Lakukan terus menerus, secara otomatis batu akik ini akan terbentuk. Untuk mempermudah celupkan batu akik pada air atau teteskan air pada ampelas. Jika di rasa cukup barulah kita haluskan dengan bambu/pipa PVC yang terdapat ampelas halus. Apabila ampelas terkikis ganti dengan menempelkan ampelas baru. Jika bagian bawah batu akik masih belum rata, cari alas yang rata lalu letakkan ampelas di atasnya dan asah hingga rata sesuai keinginan anda.
Demikian cara alternatif dari saya semoga bermanfaat
Salam Ekstrim Modifikasi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s